danidalogo

Sekilas tentang Bantuan Pembangunan Internasional Denmark

Tujuan keseluruhan dari bantuan pembangunan bilateral Denmark adalah pengentasan kemiskinan. Pengurangan kemiskinan yang efektif merupakan prasyarat untuk pembangunan global yang stabil dan berkelanjutan.

Bantuan harus mendukung negara-negara penerima dalam upaya mencapai kemajuan sosial dan ekonomi secara berkelanjutan dan untuk kepentingan kelompok penduduk miskin di negara-negara tersebut. Kerjasama ini didasarkan pada dialog aktif dengan pihak berwenang, institusi dan sektor swasta untuk memastikan bahwa bantuan ini didasarkan pada kebutuhan, prioritas dan kepemilikan lokal, serta komitmen dari pemerintah.

Kerjasama pembangunan bilateral Denmark saat ini terkonsentrasi pada 15 negara program di Afrika, Asia dan Amerika Latin. Negara program dipilih sesuai dengan tingkat pembangunan ekonomi dan sosial serta kebutuhan khusus dan daya serap mereka. Negara program di Asia ada Bangladesh, Bhutan, Nepal, dan Vietnam. Thailand merupakan salah satu negara program sampai pertengahan tahun 1990-an, ketika negara itu menjadi negara berpenghasilan menengah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kebijakan pembangunan Denmark silakan lihat Pedoman Pengelolaan Bantuan Danida (Danida Aid Management Guidelines).

Bantuan Denmark untuk lingkungan hidup bercita-cita untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan di negara-negara berkembang dan mengurangi tekanan lingkungan pada tingkat global, nasional dan lokal. Sebagai tindak lanjut dari Konferensi Rio pada tahun 1992, fasilitas khusus didirikan oleh Parlemen Denmark dalam rangka memperkuat upaya untuk memerangi masalah lingkungan global. Melalui Strategi untuk Bantuan Lingkungan (Strategy for Environmental Assistance) dalam kerjasama pembangunan 2004-2008, Pemerintah Denmark baru-baru ini menyelaraskan bantuan lingkungan dengan bantuan pembangunan secara keseluruhan. Bantuan Lingkungan Khusus (Special Environmental Assistance) saat ini diberikan kepada 10 negara di wilayah Asia Tenggara dan Afrika Selatan. Di Asia Tenggara bantuan disediakan untuk Thailand, Kamboja, China, Indonesia, Malaysia dan Vietnam.

Baca lebih lanjut mengenai Kerjasama Pembangunan Denmark di situs Kedutaan Denmark di Indonesia

FaLang translation system by Faboba