• Home
  • Kabar dan Kegiatan

Rapat Perdana Studi Pra-kelayakan Pembangkit Listrik Biomassa di Kawasan Perhutani

Pada hari Kamis, 10 Agustus 2017, pertemuan perdana mengenai proyek " Studi Pra-kelayakan Pembangkit Listrik Biomassa di Kawasan Perhutani " diadakan di Hotel Luwansa di Jakarta. Pertemuan ini dihadiri oleh unit-unit dari Perhutani, ESP3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan para konsultan.

KO-Biomass-Perum-Perhutani

Tujuan rapat ini adalah untuk membahas rencana kerja, mengidentifikasi para pemangku kepentingan yang paling terkait dan untuk memulai diskusi mengenai data yang dibutuhkan, asumsi dan tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi. Berdasarkan diskusi dan masukan bermanfaat dari Perhutani, kemajuan yang diharapkan pun didapatkan. Hasil yang diharapkan dari proyek ini adalah identifikasi lokasi yang menguntungkan pembangkit listrik tenaga biomassa berkapasitas 5-20 MW di Jawa termasuk solusi teknis, pertimbangan ekonomi dan keuangan dan proses persetujuan yang dibutuhkan.

Dua subjek utama masuk dalam agenda: Pertama, mencari basis sumber daya terbaik berdasarkan lokasi dan pilihan spesies. Sejumlah kriteria seleksi dibahas, termasuk ekonomi, keberlanjutan dan peran masyarakat lokal dan industri. Kedua, tentang pilihan teknologi dan pentingnya kontrak dengan off-taker jangka panjang yang menguntungkan diuraikan dan dibahas. Sebagai akibat dari ketidakpastian yang dirasakan tentang Feed-in Tariffs, diputuskan di pertemuan kali ini untuk memasukkan kemungkinan bioenergi lainnya, yaitu pelet kayu.

Sebagai tindak lanjut, sebuah pertemuan lanjutan akan diadakan di kantor Perhutani keesokan paginya, menghasilkan garis besar kriteria dari empat lokasi yang mungkin ada di Jawa yang harus diselidiki lebih lanjut. Pengkhususan kriteria seleksi dan teknologi akan dikembangkan dan dianalisis lebih lanjut. Hasil ini rencananya akan dipresentasikan di rapat tengah semester yang dijadwalkan akhir September 2017.

Tags: Biomass,, Pre-feasibility Study

FaLang translation system by Faboba